Apa yang di maksud dengan Jaringan Komputer

Pengertian dari Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan.

Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node

pengertian jaringan komputer


Tujuan dari jaringan Komputer adalah :
  • Jaringan memungkinkan manajement sumber daya lebih efisien.
Sebagai contoh, dalam menggunakan jaringan kita dapat saling berbagi 1 printer dengan banyak pengguna komputer lainnya. dan kita juga dapat berbagi pemakai CPU, Memori, dan Harddsik.
  • Jaringan membantu agar sebuah informasi atau data tetap up-to-date.
Dengan adanya sistem penyimpanan data informasi secara terpusat, dapat memudahkan pekerjaan untuk mengakses data dari berbagai lokasi dari lokasi yang berbeda. sehingga seseorang tidak tertinggal mengenai sebuah informasi dari sebuah pekerjaan tersebut.
  • Jaringan membantu mempercepat prosesnya berbagi data atau di sebut juga data sharing.
Transfer data menggunakan jaringan lebih cepat dari pada menggunakan sarana lainnya yang tidak menggunakan jaringan.
  • Jaringan memudahkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
menggunakan sebuah pesan elektronik merupakan subtansi terbesar dalam sistem jaringan. dimana dengan menggunakan komunikasi lewat jaringantersebut dapat membantu team bekerja lebih produktif. 
  • Jaringan membantu dalam usaha melayani costumer sebuah perusahaan atau bisnis, secara lebih efektif.
Dengan menggunakan jaringan costumer dapat berkomunikasi secara langsung kepada sebuah lembaga distributor walaupun dari jarak yang berjauhan.


Keuntungan dari Jaringan Komputer :
  • Resource Sharing, maksudnya adalah kita dapat menggunakan sumber daya yang ada secara bersama-sama. misalnya seperti : ada seorang pengguna yang memerlukan sebuah data tetapi data tersebut berada jauh dari jangkauan dia. dengan menggunakan jaringan seolah-olah data tersebut berada di dekat dia tanpa harus pergi mengambilnya ke sana. jaringan mengatasi permasalahan jarak tersebut.
  • Reliabilitas Tinggi, dengan menggunakan jaringan komputer kits dapat membuat penyimpanan-penyimpanan alternatif lainnya seperti pembackupan sebuah data sehingga jika pada komputer A mengalami gangguan kita dapat mengambil backupan datanya di komputer B. sehingga data tersebut tidak hilang.
  • Menghemat Uang, kita dapat membangun sebuah jaringan dari komputer pribadi kita sehingga kita dapat lebih menghemat uang kita tanpa harus membeli sebuah komputer server yang besar untuk membangun sebuah jaringan.
  • Hardware Sharing, merupakan pemakaian hardware secara bersama-sama misalnya seperti pembagian 1 printer kepada 10 user pengguna.
  • Keamanan dan Pengaturan Data, dalam sebuah jaringan komputer diperlukannya seorang administrator untuk mengelola dan mengorganisasi data-data kantor. ini merupakan hal yang sangat penting sehungga data-data tersebut cuma bisa di akses oleh orang-orang yang berhak saja.
  • Kestabilan dan peningkatan performa komputasi, dalam sebuah kondisi tertentu, sebuah jaringan dapat digunakan untuk meningkatkan performa keseluruhan dari aplikasi bisnis, dengan cara penigasan komputasi yang di distribusikan kepada beberapa komputer yang ada dalam jaringan.


Kerugian dari Jaringan Komputer :
  • Biaya yang tinggi kemudian semakin tinggi lagi.
Pembangunan sebuah jaringan meliputi berbagai aspek di antaranya seperti : pembelian hardware, software, biaya untuk konsultasi perencanaan jaringan, jasa pembangunan jaringan, Infestasi ini di tunjukkan untuk perusahaan besar dengan kebutuhan jaringfan yang tinggi. Sedangkan untuk biaya jaringan perumahan relatif lebih murah.
  • Manajemen perangkat keras dan administrasi sistem
Manajement pemeliharaan ini bersifat berkelanjutan dan memerlukan seorang IT profesional, yang telah mengerti benar akan tugasnya. Atau paling tidak telah mengikuti training dan pelatihan jaringan yang bersifat khusus untuk kebutuhan kantornya.
  • Sharing file yang tidak diinginkan
Seringnya terjadi kebocoran sharing folder dan kemudian dapat di baca oleh orang yang seharusnya tidak berhak untuk itu. hal ini akan terjadi apabila sang administrator tidak mengaturnya dengan baik dan benar.

  • Aplikasi Virus dan Metode Hacking.
Ini merupakan hal yang paling di takuti oleh semua orang. apabila terjadi penyerangan network menjadi down dan terhentinya pekerjaan.



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Fachrurridha. Powered by Blogger.