Perbedaan Jaringan GSM & CDMA

Mungkin di anrara kalian menganggap bahwa jaringan GSM & CDMA itu sama dan tidak ada perbedaannya. jadi sekarang akan saya jelaskan perbedaannya. Memang secara kasat mata jaringan GSM & CDMA terlihat serupa, baik bentuk ponsel maupun sim card nya. Namun dalam sistem jaringannya memiliki perbedaan yang sangat jauh.


perbedaan GSM dan CDMA

  • GSM (Global System for Mobile)
GSM merupakan sebuah teknologi komunikasi selular yang sifatnya digital. Teknologi GSM ini banyak di gunakan pada alat komunikasi yang berpindah-pindah atau bergerak, misalnya seperti HP yang kalian gunakan. Jaringan GSM mengirimkan data pengguna berdasarkan paket waktu yang biasanya di kenal dengan sebuah istilah timeslot.

Sebenarnya GSM ini menggunakan sebuah system TDMA (Time Division Multiple Access). TDMA ini cara kerjanya itu seperti menyewa waktu. Jadi apabila sudah di gunakan oleh satu pengguna, maka pengguna yang lainnya tidak dapat mengaksesnya. Seperti layaknya sistem point to point

Keuntungan menggunakan GSM diantaranya adalah, kenyamanan saat berkomunikasi karena dalam satu jaringan tersebut telah di sewa oleh satu orang atau dengan kata lain jaringan komunikasi tersebut point to point. Setelah itu suara dari jaringan GSM lebih jernih dan jelas ketimbang dengan jaringan CDMA.

Jaringan GSM ini telah berkembang secara luas di berbagai daerah Indonesia, bahkan sampai ke pelosok-pelosok negeri ini  pengguna bisa menikmatinya. tetapi sayangnya tarif yang di tawarkan GSM jauh lebih mahal ketimbang CDMA.

keuntungan lainnya adalah :
- Kapasitas sistem lebih besar
- Merupakan standar internasional, sehingga memungkinkan kita roaming ke mancanegara
- Kualitas suara lebih jernih

Kekurangan menggunakan GSM adalah sistem informasinya yang mudah bocor atau di hack karena menggunakan timeslot secara bergantian dan tanpa menggunakan kode atau enkripsi khusus. Sehingga orang bisa dengan mudah mendapatkan informasi percakapan anda sebelumnya.


  • CDMA (Code Division Multiple Access)
CDMA merupakan sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan menggunakan sebuah metode akses secara bersama-sama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan menggunakan cara pengkodean data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada. seperti yang kita ketahui CDMA merupakan kepanjangan dari Code Division Multiple Access, dia ini menggunakan kode khusus sehingga jaringan CDMA tidak mudah di sadap sehingga lebih aman dari kebocoran.

CDMA banyak di gunakan dalam sistem komunikasi, termasuk pada alat GPS (Global Positioning System) dan pada sistem satelit OmniTracs untuk logistik transportasi.

Jaringan CDMA ini diibaratkan sebuah Bus yang di tumpangi banyak orang. Pada masing-masing orang memiliki kodenya tersendiri yang tentunya berbeda dari yang lainnya. jika kedua orang tersebut ingin berhubungan, kode tersebut akan mengirimkan akses. Dikarenakan kode setiap orang berbeda-beda, maka pengguna bebas melakukan komunikasi dengan yang lainnya.

Keuntungan menggunakan CDMA adalah :
- Hanya membutuhkan satu frekuensi yang dibutuhkan untuk beberapa sektor/cell.
- Tidak membutuhkan equalizer untuk mengatasi gangguan spektrum sinya.
- Tidak membutuhkan alokasi dan pengelola frekuensi.
- Memiliki kapasitas yang halus untuk membatasi para pengguna akses.
- Memiliki proteksi dari proses penyadapan.

Kekurangan menggunakan CDMA adalah karena sinyanya digunakan secara bersama-sama dengan orang lain, maka potensi yang terjadi pada saat berkomunikasi terhambat atau mengakibatkan suara yang kurang jelas. sehingga penggunanya kurang nyaman akan hal ini.

Biasanya CDMA di pasang hanya di kota-kota besar saja, sehingga jaringannya kurang luas. Jadi ketika kita menghubungi kedaerah pendesaan (seperti Meulaboh yaitu nama daerah pendesaan pada kota saya) agak susah bahkan kemungkinan tidak bisa. hahahahaaa. Meskipun demikian tarif CDMA untuk telpon dan internet relatif lebih murah di bandingkan GSM.

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Fachrurridha. Powered by Blogger.