Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan adalah, Suatu hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan ini dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini.

  • Topologi bintang
  • Topologi ring (cincin)
  • Topologi bus
  • Topologi mesh
  • Topologi pohon
Setiap jenis topologi di atas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan, biaya, tujuan, dan pengguna. jadi sebelum anda ingin membangun sebuah jaringan ada baiknya untuk memperhatikan topologi jaringan terlebih dahulu sehingga lebih efektif.

  • TOPOLOGI STAR
Dalam Topologi Star, semua kabel dihubungkan dari komputer-komputer ke lokasi pusat (central location), dimana semuanya terhubung ke suatu alat yang dinamakan hubTopologi Star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi.

Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke central point. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan).


topologi star


  • TOPOLOGI RING

Penempatan kabel yang digunakan dalam Topologi Ring menggunakan desain yang sederhana. Pada topologi ring, setiap komputer terhubung ke komputer. selanjutnya, dengan komputer terakhir terhubung ke komputer yang pertama. Tetapi sayangnya, jika akan dilakukan penambahan atau pengurangan komputer dalam jaringan tentu saja akan mengganggu keseluruhan jaringan.

Topologi Ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.

Topologi Ring


  • TOPOLOGI MESH
Di antara topologi yang lain Topologi Mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada. Jadi susunannya, setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain.

Dapat dibayangkan jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung.

Topologi Mesh


  • TOPOLOGI  BUS
Topologi Bus menghubungkan komputer satu dengan lainnya secara berrantai dengan perantara suatu kabel yang umumnya berupa kabel tunggal jenis koaksial ( coaxial ). Semua Node dihubungkan secara seri menggunakan kabel tersebut. 

Topologi bus umumnya tidak menggunakan suatu peralatan aktif untuk menghubungkan komputer. Oleh karena itu, pada ujung-ujung kabel koaksial harus ditutup dengan tahanan untuk menghindari pantulan yang dapat menimbulkan gangguan yang menyebabkan kemacetan jaringan.


Tpologi Bus


  • TOPOLOGI TREE
Topologi Tree merupakan kombinasi karakteristik antara Topologi Star dan Topologi Bus. Topologi terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung (backbone) yang mempunyai topologi bus.


Topologi Tree






Related Posts

1 comment

  1. Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang 8 Topologi Jaringan Komputer Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya, smoga dpt saling melengkapi

    8 Topologi Jaringan Komputer (Lengkap Kelebihan dan Kekurangannya)

    ReplyDelete

Fachrurridha. Powered by Blogger.